Arsitek, Peran dan Teori Arsitektur

16 07 2010

Apa itu Arsitektur ?

Arsitektur bukanlah barang baru, sejak dulu menjadi bahan perbincangan, diskusi dan kekaguman bahkan ada pula yang dinista. Sampai kinipun cukup banyak pendapat dan telaah tentang arsitektur. Mulai dari metode merancang, teori, sampai pengaruh dan apresiasi arsitektur.  Tak heran jika arsitektur memiliki definisi yang banyak dan beragam.

Arsitektur pada umumnya didefinisikan sebagai “Ilmu yang mempelajari tentang lingkungan binaan / ruang (ruang dalam=bangunan dan ruang luar=alam) atau seni penciptaan ruang dan bangunan untuk memberi wadah kepada kehidupan bersama” Defenisi lain mengenai perancangan arsitektur ialah mengintegrasikan sejumlah komponen dengan suatu metoda dan sesuai persyaratan-persyaratan tertentu sehingga tercipta suatu ruang atau komposisi ruang bagi kegiatan dan kehidupan manusia.

Arsitektur memang suatu seni, tetapi berbeda dengan seni lukis atau seni pahat, arsitektur sangat terikat pada banyak persyaratan fungsional, sosial, teknis, iklim dan lainnya. Kepekaan estetis perlu bagi calon arsitek, tetapi diimbangi dengan kepekaan sosial dan pengembangan rasio.

 Dimanakah posisi Arsitektur?  

Arsitektur berpijak diantara keduanya. Seni dan Teknologi bagaikan dua kutub yang berseberangan dan aspek nilai guna satu titik lain di atasnya, sehingga membentuk segitiga (bentuk stabil). Seni dan teknologi  harus seimbang saling mengisi, bagaikan tubuh  dan roh. Arsitektur yang didominasi oleh teknologi akan terasa hambar, kaku, monoton untuk itu diperlukan seni. Arsitektur yang didominasi oleh seni akan terasa mubazir, over acting dan diragukan kekuatannya. Arsitektur yang tidak memenuhi aspek nilai guna adalah sampah (seperti garam yang tidak asin).

 Apakah seni dalam konteks Arsitektur ?

Nilai estetika seni dalam arsitektur memang sulit diukur, penilaian orang terhadap sesuatu apakah esteik atau tidak memang sangat relative. Namun dapat kita sederhanakan klasifikasi dari kategori estetika menjadi : keindahan beauty (adanya relasi formal antara harmoni dan proporsi); kesenangan pleasure (adanya relasi fungsional antara efisiensi dan kenyamanan); kesukaan delight (adanya relasi makna antara asosiasi dan selera). Unsur seni/estetika dalam arsitektur tidak sebatas ornament sebagai unsur dekoratif tetapi keseluruhan bentuk unity dari objek nyata arsitektur dan lingkungannya.  Bentuk struktur bangunan atau material bangunan juga dapat bernilai estetis jika memenuhi 4 kategori diatas.

 Arsitek

Seorang arsitek, adalah seorang ahli lingkungan binaan. Istilah Arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang gedung, adalah seseorang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang mempengaruhi aspek gedung tersebut dalam sisi estetika, budaya, atau masalah sosial. Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, hingga lingkup gedung, lantas lingkup kompleks bangunan, hingga lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai ahli lingkungan binaan.

Arti lebih umum lagi, arsitek adalah sebuah perancang skema atau rencana. “Arsitek” berasal dari Latin architectus, dan dari bahasa Yunani: arkhitekton (master pembangun), arkhi (ketua) + tekton (pembangung, tukang kayu).

 Peran Arsitek

Dalam penerapan profesi, arsitek berperan sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan). Arsitek harus mengawasi agar pelaksanaan di lapangan/proyek sesuai dengan bestek dan perjanjian yang telah dibuat.Dalam proyek yang besar, arsitek berperan sebagai direksi, dan memiliki hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor.Bilamana terjadi penyimpangan di lapangan, arsitek berhak menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.

 Teori Arsitektur

Karya-karya arsitektur masa lampau dan arsitektur tradisional dimana saja, menunjukan kaitannya yang erat dengan seni pahat, seni dekoratif, atau seni lukis. Selain itu kualitas-kualitas estetis dalam cabang-cabang seni tersebut, seperti skala, ritma, proporsi, simetri dan sebagainya kita jumpai pula analoginya dalam arsitektur.

Teori arsitektur yang mungkin paling kuno adalah teori dari Marcus Vitruvius Pollio yang hidup dalam abad pertama sebelum Kristus yang mensintesakan tiga aspek atau persyratan dalam arsitektur, yang dalam bahasa latin aslinya ialah : “Firmitas” (kekuatan), “Utilitas” (kegunaan) dan “Venus-tas” (keindahan). 

Firmitas adalah syarat bahwa suatu bangunan harus kuat, kokoh memikul beban sendiri dan beban lain. Utilitas atau Utilitatum berasal dari kata Utilis atau Utis dan berarti guna atau fungsi. Utilitas ádalah persyaratan bahwa arsitektur harus memberikan akomodasi ruang yang tepat dan berguna sedangkan Venus-tas secara harafiah berarti sifat-sifat utama Dewi Venus, diartikan keindahan yang memang menjadi ciri lahiríah dewi ini.

Tujuan umum Arsitektur menurut Marcus Vitruvius Pollio adalah Arsitektur tergantung pada susunan penataan, keselarasan dalam pergerakan simetri, kesesuaian dan ekonomi.

Seperti halnya media komunikasi yang lainnya, arsitektur memiliki bahasa tersendiri di dalam mengungkapkan pesan, keinginan dan harapan. Bahasa / alat komunikasi dalam arsitektur adalah “Bangunan” (bentuk dan ruang). Bangunan yang menampilkan kearsitekturan dengan baik adalah bangunan yang mengandung sejumlah komunikasi secara menyeluruh, terpadu dan seimbang. Keseimbangan ini menurut Vitruvius ádalah berdasarkan asas-asas “convenience, solid and lasting strength, beauty” Convenience berarti ketepatan atau pencarian pada kecocokan fungsi, solid and lasting strength berarti kekuatan bangunan tersebut, sedangkan beauty ádalah keindahan atau pencarian pada rancangan yang peka dan imajinativ.

sumber : sari kuliah pengantar arsitektur


Aksi

Information

One response

16 07 2010
Adam Kurniawan

Nice blog and good post sob…
Lanjut terus yah…
Ditunggu kunjungan baliknya nih di blog baru ane,
dan jangan lupa tinggalin jejak di postingan terbaru ane ya sob…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: